Pages

Sunday, July 21, 2013

Suhu Bumi Mencapai 100 Derajat Celcius

Miliaran tahun dari sekarang, Matahari kita akan semakin membesar dan panas. Pada saat itu, jika manusia masih ada di Bumi maka tidak akan dapat bertahan hidup. Satu-satunya makhluk hidup yang bertahan adalah organisme mikroba yang berada di bawah tanah. Penelitian yang ditampilkan di National Astronomy Meeting ini mengungkapkan hal tersebut.

Menurut Jack O'Malley James, dari University of St Andrews di Skotlandia, "Kalau itu terjadi, tidak akan ada banyak oksigen sehingga mikroba harus bertahan dalam lingkungan tanpa oksigen, tekanan tinggi, dan samudra yang menguap".
Masa depan Bumi memang tergantung Matahari dan pada suatu masa nanti bintang terdekat dengan kita akan semakin bercahaya. Semakin panasnya Matahari membuat air di samudra menguap. Uapnya sampai ke atmosfer dan menyebabkan Bumi semakin panas. Bisa mencapai suhu 100 derajat Celsius.

Semua tumbuhan dan binatang akan punah dan sekelompok mikroba bernama extremophiles adalah yang tersisa. Mikroba ini bisa bertahan dalam lingkungan paling ekstrem. Namun mereka tidak akan bertahan lama sebab dalam 2,8 miliar tahun semua sisa kehidupan akan musnah dari Bumi.
Para peneliti mengungkapkan bahwa mempelajari hal ini akan membuka pandangan akan bagaimana bertahan hidup di alam semesta. Contohnya jika hendak mencari planet mirip Bumi.

No comments:

Post a Comment