Pages

Wednesday, July 10, 2013

Candi Borobudur Sumber Inspirasi

 

Saat ditemukan Candi Borobudur dalam kondisi rusak parah, lalu dipugar secara besar-besaran. Borobudur kembali dipugar secara besar-besaran dan diresmikan mulai pemugarannya oleh presiden Soeharto pada 10 Agustus 1973.

Pemugaran candi Borobudur bisa terealisir karena hasil kerja keras Daud Joesoef yang pada 1967 sempat belajar di Perancis. Daud Joesoef yang kemudian ketika menjabat sebagai Menteri Pendidikan berhasil menyakinkan UNESCO agar memperioritas candi Borobudur untuk dipugar hingga muncul sosok Borobudur nan indah, yang bisa dinikmati saat ini.

Dusun Sidoharjo, kecamatan Muntilan, Magelang menyimpan sejarah menarik tentang candi Borobudur. Hampir semua batu pahatan untuk candi Borobudur dihasilkan di sini. Konon, dari dusun inilah batu-batu gunung merapi dikumpulkan di sini, sebelum kemudian dipahat menjadi batu candi.

Bahkan bisa dikatakan 95 persen masyarakat dusun ini memiliki keahlian memahat batu. Sehingga meskipun mereka menekuni profesi lain, memahat batu menjadi pekerjaan sampingan mereka.


Sumber : Kompas TV

No comments:

Post a Comment